Workshop peningkatan kompetensi Guru Anggota IGTKI Kabupaten Klaten




Menggambar atau melukis adalah bahasa paling sederhana yang dapat dipahami semua orang walaupun dia tidak mengenal baca tulis sekalipun. Dengan gambar, kita dapat mengerti apa maksud serta tujuan si pembuatnya. Khususnya anak-anak dalam usia keemasannya (Golden Age) yang sangat samar dalam menunjukkan bakat ataupun cita-citanya.

Bersama GRAFIE, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Klaten dalam kepengurusan ibu Hj. Harpiyah, S.Pd mengadakan Workshop Finger Painting pada hari Selasa, Tanggal 23 Mei 2017 bertempat di Gedung PGRI Kabupaten Klaten.

Finger Painting adalah salah satu dari beberapa teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan jari jemari di atas kertas ataupun kanvas, kegiatan ini bertujuan untuk melatih motorik halus anak. Sedangkan motorik halus adalah gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang tepat. Oleh karena itu, gerakan ini tidak terlalu membutuhkan tenaga, namun gerakan ini membutuhkan koordinasi mata dan tangan yang cermat. Semakin baiknya gerakan motorik halus membuat anak dapat berkreasi.

Menurut pendapat Ibu Siti Suparmi, S.Pd "Yang terpenting bagi anak-anak adalah Aman, tidak menimbulkan alergi pada kulit sehingga saat proses belajar mengajar di sekolah kita tidak menimbulkan masalah karenanya," tutur kepala sekolah TK Pertiwi II Jomboran. Tujuan mengadakan workshop finger painting untuk guru TK agar dapat membagikan ilmu untuk anak didiknya, sehingga :

  1. Anak dapat berlatih menggerakkan jari jemari tangan dengan kegiatan menggambar dan mewarnai.
  2. Anak belajar ketepatan koordinasi mata dan tangan serta menggerakkan jari jemari tangan agar lentur.
  3. Anak belajar berimajinasi dan berkreasi

"Saya ingin agar teman-teman mendapatkan pembelajaran yang benar sebagai peningkatan kompetensinya mengenahi materi Finger Painting dan dapat diterapkan di sekolah masing-masing" kata ibu Hj. Harpiyah, S.Pd. Bersama narasumber yang berpengalaman "Mas Angga" Workshop Finger Painting dengan media "SUPER TEMPERA" dapat berjalan lancar serta mudah dipahami dan dipraktikan langsung. Dari proses komposisi pencampuran warna primer menjadi sekunder hingga menggambar bentuk sederhana. (Jw.23/5)